Arti dan pola kata happy dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris

Tabel of Content [View]
arti happy, sinonim dan antonim happy, contoh kalimatnya


Penjelasan kata happy

  1. Happy adalah adjective (kata sifat).
  2. Bentuk comparative-nya adalah happier, sedangkan superlative-nya adalah happiest.
  3. Lawan kata (opposite) dari happy adalah sad.
  4. Makna happy adalah feeling of pleasure, dalam bahasa Indonesianya adalah merasa senang atau perasaan bahagia.

arti kata happy dan contoh kalimat


Setelah mengetahui jenis katanya, mari kita lihat hubungannya dengan kata lain dalam menyusun sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.


Pola kata "Happy" (Pattern with happy)


1. happy + about + (something)

Pola ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan senang tentang sesuatu.

Contoh kalimat:

I'm happy about my promotion.

Artinya: Saya senang dengan kenaikan jabatan saya.

Catatan tambahan:

Mengungkapkan perasaan senang dengan sesuatu (something) juga bisa dengan pola: happy + with + (something).

Contohnya

I'm happy with the way I look.

Artinya: Saya senang dengan penampilan saya.


2. happy + for + (somebody)

Pola ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan bahagia kepada seseorang (misalnya kita senang ketika seseorang tersebut naik pangkat).

Contoh kalimat:

Congratulations! I'm happy for you.

Arti: Selamat ya! Aku turut berbahagia.


3. happy + that + (something has happened)

Pola ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan senang karena sesuatu yang diinginkan tercapai.

Contoh kalimat:

I'm happy that my project worked out well.

Artinya: Saya senang proyek saya berjalan dengan baik.


4. happy +  to + do something (verb bentuk 1)

Contoh kalimat:

I am very happy to see you.

Artinya: Saya sangat senang bertemu dengan anda.


5. happy + doing something (verb-ing)

Contoh kalimat:

I'm very happy visiting her house.

Artinya: Saya sangat senang berkunjung ke rumahnya.


6. happy + in + (life situation/well-being)

Pola ini digunakan untuk mengekspresikan seseorang yang menikmati kehidupannya, seperti pekerjaan, dan lainnya.

Contoh kalimat:

I'm very happy in my work.

Artinya: Saya sangat senang dengan pekerjaan saya.


7. happy + noun

Pada pola ini, kata happy merupakan kata sifat (yang mensifati) noun.

Contohnya:

  • happy couple: pasangan yang berbahagia
  • happy time: saat yang menyenangkan
  • happy marriage: pernikahan yang bahagia
  • happy memory: kenangan yang indah
  • happy ending: akhir yang indah
  • happy family: keluarga yang bahagia
  • dan seterusnya.


Daftar kata yang memiliki kesamaan makna dengan happy


1. cheerful: looking happy (air muka bahagia, wajah yang tampak bahagia atau ceria).

Contoh kalimat:

Asrini seems more cheerful today.

Artinya: Asrini tampak lebih ceria hari ini.


2. be + in + good mood: feel happy (perasaan senang; suasana hati yang bahagia).

Contoh kalimat:

My manager is in a good mood because his project was successful.

Artinya: Manajer saya sedang dalam keadaan senang karena proyeknya sukses.


3. contented: feeling happy with something (puas dengan sesuatu contohnya puas dengan pekerjaan, hasil yang dicapai, dan seterusnya).

Contoh kalimat:

I'm contented with my current job.

Artinya: Saya puas dengan pekerjaan saya saat ini.


4. glad: happy about something; happy because something good has happened.

Contoh kalimat:

I am glad to see you again.

Artinya: Saya senang ketemu kamu lagi.

Catatan tambahan:

glad dan happy adalah adjective yang mempunyai arti  sama, namun beda happy dengan glad adalah:

- happy mempunyai bentuk comparative (happier), superlative (happiest).

- glad tidak mempunyai bentuk comparative.


5. delighted: very happy (senang sekali; sangat gembira)

Contoh kalimat:

My wife is delighted with our new home.

Artinya: Istri saya senang sekali dengan rumah baru kami.

Kata yang juga semakna dengan delighted adalah thrilled, namun kata thrilled bermakna verry happy sekaligus excited (sangat senang sekaligus semangat), jadi rasa senangnya lebih kuat dari delighted.

Satu lagi kata semakna dengan delighted adalah overjoyed.


6. blissful: extremely happy (teramat bahagia, yaitu perasaan senang yang lebih kuat dari delighted.

Contoh kalimat:

I stayed here for two blissful days.

Arti: Saya tinggal di sini selama dua hari yang sangat menyenangkan.


7. ecstatic: extremely happy (teramat senang)

Contoh kalimat:

Rosma was ecstatic to meet her old friends.

Artinya: Rosma sangat gembira bertemu dengan teman-teman lamanya.


Quiz

1. Choose the correct one.
a. I'm happy for being here.
b. I'm happy to be here.

2. Choose the correct one.
a. I'm so happy about the achievement.
b. I'm so happy for the achievement.

3. Choose the correct one.
a. What a good achievement! I'm very happy for you.
b. What a good achievement! I'm very happy to you.

4. You're very happy and excited to go to Malaysia. Choose the correct expression.
a. I'm thrilled to be going to Malaysia.
b. I'm cheerful to be going to Malaysia.

5. You are happy to meet someone. Write two expressions about this.
a. ...
b ...

Jika ingin mendapatkan kunci jawaban agar dapat mengecek jawabanmu, silakan komentar di kolom komentar di bawah.