Be dalam bentuk present simple - Belajar Grammar dari dasar

Tabel of Content [View]

Kita akan mulai pelajaran grammar dari awal, dan saya akan memberikan penjelasan dari dasar yaitu "be dalam bentuk present simple".

materi pelajaran grammar dari dasar : verb be


Di materi ini, tidak hanya penjelasan dan tata bahasa (grammar) nya saja, akan tetapi saya juga mencoba memberikan contoh penggunaan grammar tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga sobat sekalian dapat mempraktekkannya.

Oke, kita langsung saja ke materi di bawah.


ebook present simple




Be: Present Simple


1. Present simple forms of be


Di bawah ini adalah be dalam bentuk present simple:


a. I am  (am, adalah be khusus untuk I), dalam penulisan dapat sobat singkat menjadi I'm.

b. we are, you are, they are (are adalah bentuk be untuk you, we, they), dalam penulisan dapat sobat singkat menjadi you're, we're, they're.

c. he is, she is, it is (is adalah bentuk be untuk he, she, it), dalam penulisan dapat sobat singkat menjadi he's, she's, dan it's.


2. Negative form


Be dalam bentuk negative dibentuk dengan menambahkan kata not.


Contoh:


- I am not, dapat disingkat menjadi I'm not.

- you are not, dapat disingkat menjadi you aren't.

- we are not, dapat disingkat menjadi we aren't

- they are not, dapat disingkat menjadi they aren't.

- he is not, disingkat he isn't

- she is not, disingkat she isn't

- it is not, disingkat it isn't


Summary be dalam bentuk present simple baik yang positive maupun negative form

Ringkasannya dapat sobat lihat pada gambar di bawah:


tabel bentuk verb be present simple baik positive dan negative form




3. Question


Syntax:

a. Yes/no Question

- Put the verb before subject (letak be adalah sebelum subjek)



syntax yes/no question menggunakan be



Contoh:

- Am I?

Dalam kalimat lengkap : Am I happy?
Jawaban singkat : Yes, you're / No, you aren't.


- Are you?

Dalam kalimat lengkap : Are you tired?
Jawaban singkat : Yes, I'm / No, I'm not.


- Are we?

Dalam kalimat lengkap : Are we here on holiday?
Jawaban singkat : Yes, you're / No, you aren't.



- is he?

Dalam kalimat lengkap : is he a doctor?
Jawaban singkat : Yes, he is / No, he isn't.



- is she?

Dalam kalimat lengkap : is she a nurse?
Jawaban singkat: Yes, she is / No, she isn't.



- is it?

dalam kalimat lengkap : is it ok?
Jawaban singkat : Yes, it is / No, it isn't.


b. Making question with be and question word


Syntax:

- Put verb/be after question word (be terletak setelah question word).


syntax be dan question word



Contoh question words : what, where, how, who, why, dst.


Contoh kalimat :

- What is your job? (tulisan bisa disingkat menjadi : what's your job?)
Contoh jawaban : I'm an engineer.


- Where is Rosma?
Contoh jawaban : Rosma is in the library.


- How old is Nur?
Contoh jawaban : Nur is twenty years old.



Contoh penggunaan "be" dalam bentuk present simple 


Contoh penerapan be dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali. Dalam pelajaran ini saya hanya menguraikan beberapa contoh saja, yaitu:


1. Ketika kita memberitahu pekerjaan kita (atau orang lain) yang sekarang.


Contoh:

- I'm a student, artinya Saya seorang siswa.

- Rosma is a tailor, artinya Rosma adalah seorang penjahit.

- We are college students, artinya Kami adalah mahasiswa.

- Nur is a merchant, artinya Nur adalah seorang pedagang.


2. Ketika kita menginformasikan lokasi kita berada (misal: dimana kita tinggal, darimana kita berasal, dst.)


Contoh:

- The doctor is from Malaysia, artinya dokter itu dari Malaysia.

- Asrini is not from Garut, she is from Jakarta.
Artinya : Asrini bukan dari Garut, dia dari Jakarta.


- Are you in Doha? artinya : Apakah kamu di Doha?

- Bandung is near Jakarta, artinya : Bandung dekat Jakarta.


3. Ketika kita menginformasikan umur kita.


Contoh :

- I'm seventeen years old, artinya Saya berusia tujuh belas tahun.

- How old is Palupi? Palupi is forty years old.
Artinya : Berapa usia Palupi? Usianya empat puluh tahun.



4. Ketika kita mengenalkan seseorang kepada orang lain.


Contoh :

- Nur is my wife and Mariana is her friend.
Artinya : Nur adalah istriku dan Mariana adalah temannya.

- I'm Lestari; this is my husband, Joe.
Artinya : Saya Lestari, ini suami saya namanya Joe.


5. Ketika kita menginformasikan keadaan sekarang, misalnya cuaca, dan lainnya.


Contoh :

- Today is a beautiful day but it's cold.
Artinya : Hari ini indah namun dingin.

- It's very windy today.
Artinya : Hari ini sangat berangin.


6. Ketika kita mengekspresikan perasaan kita atau keadaan kita.


Contoh :

- It's a long journey. I'm very tired.
Artinya : Ini perjalanan panjang. Saya sangat lelah.

- We are happy to meet you.
Artinya : Kami senang berjumpa dengan anda.



7. Ketika kita mendeskripsikan sesuatu atau seseorang.


Contoh :

- Nur is fat and she is very beautiful.
Artinya : Nur gemuk dan dia sangat cantik.

- This is an old house, but the price is so expensive.
Artinya : Ini rumah tua, tapi harganya sangat mahal.



Summary syntax verb to be


1. Subject + verb to be + noun

subject + be + noun


2. Subject + verb to be + adjective


subject + be + adjective


3. Subject + verb to be + adverb


subject + be + adverb




Latihan soal tentang be dalam bentuk  present simple


Saya telah menjelaskan contoh penerapan atau penggunaan be dalam bentuk present simple dalam kehidupan sehari-hari.

Sobat harus memahaminya dulu, lalu melihat contoh, dan kemudian latihan agar kemampuan bahasa Inggris sobat lebih baik.

Oleh karena itu, saya akan berikan latihan soal be dalam bentuk present simple.

Saya akan tuliskan bahasa Indonesia, sobat harus menuliskannya ke dalam bahasa Inggris.


1. Apakah ini tasmu? Bukan, ini bukan tas saya

Jawaban : Is this your bag? No, it isn't

Sekarang, soal nomor dua dan selanjutnya kerjakan sendiri.



2. Apakah kamu siswa di sekolah ini? Iya.

3. Berapa usiamu? Usiaku empat belas tahun.

4. Apakah kamu dari Dubai? Bukan, aku dari Hongkong.

5. Apa alamat kamu di Jakarta?

6. Jam berapa pelajaran pertama kita?

7. Ini adalah hari pertama saya di  sini.

8. Dari mana kamu? Saya dari Indonesia.

9. Apakah itu bis yang tepat untuk ke Bandung?

10. Dimana hotel Marriot?

11. Apakah kamu di sini berlibur?

12. Saya tidak lapar, tapi saya ingin minum teh.

13. Saya sangat haus.

14. Rumah itu sangat luas.

15. Hai, saya Mariana. Saya guru baru di sekolah ini.


Jawaban akan ditulis pada artikel yang akan datang, jadi stay tune di blog ini ya sobat.


===========================

Update : Jawaban soal lihat di sini