Kosakata bahasa Inggris yang berhubungan dengan travelling - seri 2

Tabel of Content [View]
Lihat tulisan sebelumnya daftar kosakata tentang travel dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Posting ini adalah lanjutan dari tulisan kosakata travelling sebelumnya.

Metode penulisannya sama, yaitu bahasa Indonesia di kiri kemudian saya tuliskan bahasa Inggrisnya di sebelah kanan. Lalu saya sebutkan contoh kalimatnya dalam bahasa Inggris beserta artinya.

kosakata untuk traveling

Travel vocabulary list (Daftar kosakata traveling)

- tersesat = lost

Contoh kalimat:
I got lost because I took a wrong turn.
Saya tersesat karena saya salah belok.

- taman = park; garden

Contoh kalimat:
My kids like playing in the national park.
Anak-anak saya suka bermain di taman nasional.

- berkunjung = visit

Contoh kalimat:
I am going to visit Rome soon.
Saya akan berkunjung ke Roma dalam waktu dekat.

- perjalanan = journey, travelling, trip

Contoh kalimat:
I will join you in the next trip.
Saya akan ikut kamu di perjalanan selanjutnya.

- cuti = leave; vacation

Contoh kalimat:
This journey is very urgent for me. I will take an unpaid leave from work.
Perjalanan ini sangat penting bagiku. Aku akan ambil cuti (cuti yang tidak dibayar perusahaan).

- mengendarai = drive; ride

Contoh kalimat:
My kids learned how to ride a horse when we travelled to Bali.
Anak-anakku belajar menunggang (mengendarai) kuda ketika kami pergi ke Bali.

- pelabuhan = port; harbor
  dermaga = dock

Contoh kalimat:
The ship is coming into dock.
Kapal laut sedang menuju ke dermaga.

- tempat parkir = parking lot.

Contoh kalimat:
I will meet you in the parking lot of that hotel.
Saya akan menjumpaimu di tempat parkirnya hotel itu.

- memotret = photograph

Contoh kalimat:
I want to document my trip by photographing the view I meet.
Saya ingin mendokumentasikan perjalanan saya dengan memotret pemandangan yang saya temui.

- luar negeri = overseas; foreign; abroad
  negeri orang = foreign country

Contoh kalimat:
We will go abroad for five days in the next vacation.
Kami akan pergi ke luar negeri selama lima hari pada liburan mendatang.

- dalam negeri = domestic; internal; interior; inland

Contoh kalimat:
According to our interior minister, this country warmly welcome tourists well.
Menurut mentri dalam negeri kita, negeri ini sangat menyambut baik para turis.


- Negeri antah-berantah = fairyland.

Contoh kalimat:
I slept and dreamed that I was carried into fairyland.
Saya tidur dan bermimpi bahwa saya dibawa ke negeri antah-berantah (negeri dongeng).

- Negeri dimana kita lahir dan besar/tanah kelahiran = native country; homeland.

Contoh kalimat:
My grandfather left his homeland to settle in Riyadh.
Kakek saya meninggalkan tanah kelahirannya untuk menetap di Riyadh.

- candi = temple

Contoh kalimat:
Borobudur temple is in Indonesia.
Candi Borobudur ada di Indonesia.

- mobil rental = rental car

Contoh kalimat:
I went around a city by the rental car.
Saya berkeliling kota menggunakan mobil sewa/rental.

- rental motor = rental bike

Contoh kalimat:
Where is the rental bike near this hotel?
Dimana motor sewaan dekat hotel ini?

- supir = driver

Contoh kalimat:
A taxy driver took me to the shop mall.
Supir taxi membawa saya ke mall.

- restoran = restaurant

Contoh kalimat:
I like this restaurant. The restaurant offers an international food.
Saya suka restoran ini. Restoran ini menawarkan makanan internasional.

- istirahat = break; rest

Contoh kalimat:
You must take a rest before travelling to Europe.
Kamu harus istirahat sebelum bepergian ke Eropa.

- wisatawan = tourist; traveler; visitor; sightseer

Contoh kalimat:
There are many local tourist in my city.
Ada banyak turis lokal di kotaku.

- sejarah = history

Contoh kalimat:
You can learn history by visiting that museum.
Kamu dapat mempelajari sejarah dengan mengunjungi museum itu.

- rute = route

Contoh kalimat:
Which routes do you like?
Rute yang mana yang kamu suka?

- menara = tower

Contoh kalimat:
There was many visitors saw 500-foot tall radio tower when it crashed to the ground.
Ada banyak pengunjung melihat tower radio (yang tingginya 500 kaki) ketika tower itu jatuh ke tanah.

- monumen = monument

Contoh kalimat:
The government built the monument to honour him.
Pemerintah membangun monumen untuk menghormatinya.

- tamu = guest

Contoh kalimat:
I was a guest speaker at that event.
Saya adalah pembicara tamu di acara itu.

- ibu kota = capital city

Contoh:
Bandung is the capital of West Java.
Bandung adalah ibukota Jawa Barat.

- mantel = coat

Contoh kalimat:
Don't forget to wear a winter coat once you arrive there.
Jangan lupa pakai jaket (jaket/mantel musim dingin) setelah kamu sampai di sana.

- musim dingin = winter

Contoh kalimat:
I like to stay here in winter.
Saya suka tinggal di sini saat musim dingin.

- musim panas = summer

Contoh kalimat:
I will spend this summer in Japan.
Saya akan menghabiskan musim panas ini di Jepang.

- musim semi = spring

Contoh kalimat:
I studied the subject during spring.
Saya belajar bahasan itu selama musim semi.

- musim gugur = autumn

Contoh kalimat:
Autumn is coming.
Musim gugur datang.

- salju = snow

Contoh kalimat:
I am waiting the first snow of the session.
Saya menunggu salju pertama di musim ini.

- gurun = desert

Contoh kalimat:
Most of this area is desert.
Sebagian besar daerah ini adalah gurun.

- teluk = bay; gulf

Contoh kalimat:
He will travel to gulf country.
Dia akan bepergian ke negara teluk.

- danau = lake

Contoh kalimat:
Lake Toba is in Indonesia.
Danau Toba ada di Indonesia.

- sirkus = circus

Contoh kalimat:
My uncle is a circus performer.
Pamanku adalah seorang pemain sirkus.

- pengunjung = visitor

Contoh kalimat:
The visitors are happy with the circus performance.
Para pengunjung senang dengan pertunjukkan sirkus

- daerah = area; region; district

Contoh kalimat:
We stay in the same area.
Kita tinggal di daerah yang sama.

- pertunjukan = show; performance

Contoh kalimat:
I have bought a ticket for that show.
Saya telah membeli tiket untuk pertunjukan itu.

- seni = art

Contoh kalimat:
She knew about the art, therefore she excitedly went to art exhibition in Paris.
Dia tahu tentang seni, karena itu dia semangat pergi ke pameran seni di Paris.

- pameran = exhibition; show

Contoh kalimat:
Did you go to Indonesian motor show?
Apakah kamu pergi ke pameran/pertunjukan motor Indonesia?

- penduduk = population; resident; citizen

Contoh kalimat:
The majority of the Indonesian population like rice.
Mayoritas penduduk Indonesia menyukai nasi.

- transit = transit

Contoh kalimat:
My luggage went missing in transit to Melbourne.
Barang saya hilang saat transit di Melbourne (atau dalam perjalanan ke Melbourne).

- tur = tour.

Contoh kalimat:
The tour visits all cities near capital city such as Bogor, Bandung, and Sukabumi.
Perjalanannya mengunjungi kota di sekitar ibu kota, seperti Bogor, Bandung, dan Sukabumi.

- perbatasan = boundary; border

Contoh kalimat:
The river marks the boundary between two countries.
Sungai itu menandakan batas antara dua negara.


- kamera = camera

Contoh kalimat:
Can you bring me my camera?
Dapatkah kamu membawa kamera saya?


- lokasi = location; place; spot; area

Contoh kalimat:
Do you know where is the location of that hotel?
Apakah kamu tahu dimana lokasi tepatnya hotel itu?


- sungai = river

Contoh kalimat:
I will go to see Nile river tomorrow.
Saya akan pergi melihat sungai Nil besok.

- survey = survey

Contoh kalimat:
Have you surveyed our destination city?
Apakah kamu telah meninjau kota tujuan kita?

- kompas = compass

Contoh kalimat:
Take your compass with you.
Bawa kompasmu.

- suvenir/tanda mata/kenang-kenangan/oleh-oleh = souvenir; gift

Contoh kalimat:
Lucky you! You got a free souvenir from that shop.
Sungguh beruntung kamu! Kamu mendapatkan suvenir gratis dari toko itu.

- barang antik = antique

Contoh kalimat:
Where do I find the shop where antiques are sold?
Dimana saya temukan toko dimana barang antik dijual?


- sampai, lapor, dan daftar di hotel atau airport = check in

Contoh kalimat:
Please hurry! I must arrive at the airport within 30 minutes because I must check in one hour before take-off.
Dimohon agar cepat! Saya harus sampai di bandara dalam waktu 30 menit karena saya harus cek in satu jam sebelum lepas-landas.


- menyelesaikan pembayaran hotel sebelum pergi = check out

Contoh kalimat:
Can I stay at your home after checking out of the hotel?
Bolehkah aku menginap di rumahmu setelah cek-out dari hotel?

- brosur = brochure

Contoh kalimat:
After looking at the brochure, I am interested to take the tour program.
Setelah melihat brosur, saya tertarik untuk mengikuti program perjalanan wisata itu.

- penterjemah = translator; interpreter

Contoh kalimat:
When I travel to Japan, I always take the digital translator program in my pocket.
Ketika bepergian ke Jepang, saya selalu membawa aplikasi penterjemah digital di saku saya.

- pemandu = guide

Contoh kalimat:
Our tour guide is very helpful and knows everything about history of the city.
Pemandu wisata kami sangat membantu dan tahu segala sesuatu tentang sejarah kota ini.

- kedatangan = arrival

Contoh kalimat:
I'm sorry for the late arrival.
Maafkan saya untuk kedatangan yang telat.

- keberangkatan = departure

Contoh kalimat:
Let's drink some coffee in the departure lounge.
Mari kita minum kopi di ruang tunggu keberangkatan.

- kelas ekonomi = economy class

Contoh kalimat:
As a backpacker I like travelling by Qatar Airways for its economy class.
Sebagai backpacker, saya suka bepergian dengan Qatar Airways untuk yang kelas ekonomi.

- kelas bisnis = business class

Contoh kalimat:
I will fly business class, as a business class passenger, I am eligible to enter business lounge.
Saya akan terbang dengan kelas bisnis, sebagai penumpang kelas bisnis, saya dapat masuk ke ruang tunggu bisnis.

- hotel bintang lima = five-star hotel

Contoh kalimat:
I will stay at a five-star hotel in that city.
Saya akan menginap di hotel bintang lima di kota itu.

- menu makanan = menu

Contoh kalimat:
My mother decides the menu of meals, cook and serve them for us everyday.
Ibu saya menentukan menu makanan, memasak, dan menyajikannya untuk kami setiap hari.

- tujuan = destination; direction

Contoh kalimat:
Indonesia is the next destination to travel.
Indonesia adalah tujuan perjalanan berikutnya

- peninggalan budaya = cultural heritage

Contoh kalimat:
Indonesia has a rich cultural heritage. It is recommended to visit.
Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya. Direkomendasikan untuk mengunjunginya.

- makanan khas = special food

Contoh kalimat:
This rendang is a specialty food of Padang.
Rendang ini adalah makanan khas dari Padang.

- naik rakit = rafting

Contoh kalimat:
I enjoy the rafting expedition in this river.
Saya menikmati perjalanan naik rakit di sungai ini.

- berselancar = surfing

Contoh kalimat:
When I traveled to that island, I learned surfing.
Ketika saya pergi ke pulau itu, saya belajar berselancar.

- menyelam = diving

Contoh kalimat:
In the last diving, I explored underwater photography.
Pada penyelaman terakhir, saya mengeksplore foto bawah air.

- pulau = island

Contoh kalimat:
This is a small island.
Ini adalah pulau kecil.

- kedutaan = embassy

Contoh kalimat:
I met him at Indonesian Embassy in Qatar.
Saya bertemu dia di kedutaan Indonesia di Qatar.

- pusat perbelanjaan = shopping center

Contoh kalimat:
I opened a small shop in that shopping center.
Saya buka toko kecil di pusat perbelanjaan itu.

- pasar = market; mart

Contoh kalimat:
I went to the market this morning/
Saya pergi ke pasar pagi tadi.

- belanja = shopping

Contoh kalimat:
My sister said,"shopping can reduce your stress." Do you believe her?
Kata kakak saya,"belanja dapat mengurangi stress kamu." Apakah kamu percaya?

- bandara = airport

Contoh kalimat:
Please take me to the airport.
Tolong antarkan saya ke bandara.

- terminal = terminal

Contoh kalimat:
Once I arrived at the terminal building, I was surprised to see the terminal. It was so clean.
Setelah saya sampai di terminal, saya tercengang melihat terminal. Terminal itu sungguh bersih.

- stasiun = station

Contoh kalimat:
I came to the railway station before the accident happened.
Saya datang ke stasiun kereta sebelum kecelakaan itu terjadi.

- kereta = train

Contoh kalimat:
I will go to London by train.
Saya akan pergi ke London dengan kereta api.

- mata uang = currency

Contoh kalimat:
Euro is strong currency, isn't it?
Euro adalah mata uang yang kuat, bukan begitu?

- benteng = castle; fort

Contoh kalimat:
Mary asks me to go with her to see Edinburg castle.
Mary meminta saya pergi bersamanya untuk melihat benteng Edinburgh.


============================

Saat travelling, kita biasa berbelanja, oleh karena itu ketahui juga kosakata bahasa Inggris terkait dengan shopping, baca di sini : kosakata bahasa Inggris tentang shopping dan contoh kalimatnya