Contoh Kalimat Preposition + Noun

Tabel of Content [View]

Setelah membahas tentang preposition dan jenis kata yang mengikuti atau mendahuluinya, yaitu:

1. Contoh verb + preposition

2. Contoh adjective + preposition

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh-contoh kalimat dengan menggunakan preposisi + kata benda, atau preposition + noun.


Metode penulisannya sama dengan yang sebelumnya yaitu saya tuliskan bahasa Inggrisnya terlebih dahulu, kemudian saya tulis artinya dalam bahasa Indonesia.


contoh kalimat menggunakan preposition + noun


Contoh Kalimat Menggunakan kata Preposition + Noun


Dalam bahasa Inggris banyak ekspresi yang terdiri dari preposisi dan kemudian diikuti noun.

Contohnya adalah:

- by + something/someone
- for + noun
- in + noun
- dan seterusnya.


Gabungan preposisi dan noun ini terbagi menjadi tiga:


1. Gabungan yang berpola umum.
Contohnya:
by, diikuti oleh orang/kata ganti orang, seperti: by Rosma, by me, dll.
for, seperti: for me, for a walk, dst.


2. Gabungan yang fixed.
Artinya adalah gabungan kata yang terdiri dari preposisi yang khusus untuk noun tertentu.

Contoh:
mistake, preposisinya harus by, yaitu by mistake.
strike, preposisinya harus on, yaitu on strike.


3. Preposisi yang dapat diganti dengan yang lain pada noun yang sama.
Preposisi ini dapat diganti sesuai konteks yang kita bicarakan.

Contohnya:
- on time dan in time
- in a moment dan at the moment.


Setelah mengetahui pembagian di atas, saya akan menuliskan contoh kalimatnya.


Di bawah ini adalah contoh kalimatnya:


by + Steven Spielberg
- Nia watched a film by Steven Spielberg.
Artinya= Nia menonton filmnya Steven Spielberg.


for + a walk
- You can go for a walk.
Artinya = Kamu dapat pergi untuk jalan-jalan.


in + the afternoon
- You can go in the afternoon.
Artinya = Kamu dapat pergi di sore hari.


at + night
- You can't go at night.
Artinya = Kamu tidak bisa pergi di malam hari.


by + car
- We will travel by car.
Artinya = Kami akan bepergian dengan mobil.


on + foot
- I will go to school on foot.
Artinya = Saya akan pergi ke sekolah berjalan kaki.


on + the radio
- I heard the news on the radio.
Artinya = Saya mendengar berita itu di radio.


in + a magazine
- I read the news in a magazine.
Artinya = Saya baca berita di majalah.


by + mistake
- I took her book by mistake.
Artinya = Saya mengambil bukunya tak sengaja (saya salah mengambil buku karena saya kira itu buku saya).


by + herself
- Palupi did all the homework by herself.
Artinya = Palupi mengerjakan PR sendiri (tanpa bantuan orang lain).


on + holiday
- Don't call me. I am on holiday.
Artinya = Jangan telepon saya. Saya sedang liburan.


by + chance
- I got the A by chance.
Artinya = Saya dapat nilai A karena kebetulan.


by + accident
- I broke the pencil by accident.
Artinya = Saya mematahkan pensil secara tidak sengaja.


on + purpose
- I met Asrini on purpose.
Artinya = Saya bertemu dengan Asrini sesuai dengan keinginan saya (dengan sengaja).


out of + work
- There are many people out of work there.
Artinya = Banyak orang menganggur di sana.


on + time
- Niar always arrive on time.
Artinya = Niar selalu tiba tepat waktu.


in + time
- Niar always get there in time.
Artinya = Niar selalu sampai kesana sebelum waktunya (tidak pernah telat).


in + the end
- In the end I got USD 1000.
Artinya = Akhirnya (setelah lama menunggu/berjuang) saya dapat 1000 dolar.


at + the end
- At the end of the story they get married.
Artinya = Di akhir cerita mereka menikah.


in + a moment
- I will met you in a moment.
Artinya = Saya akan ketemu kamu segera.


on + strike
- The are all on strike.
Artinya = Mereka semua mogok (mogok kerja).


on + business
I am here on business.
Artinya = Saya di sini untuk bisnis/kerja (bukan untuk liburan)