Penjelasan dan Contoh Past Continuous Tense

Tabel of Content [View]

Bentuk/Pola Past Continuous


1. Affirmative sentence


Subject (I/She/He/It) + was + verb-ing

Subject (You/We/They) + were + verb-ing

2. Negative sentence


Subject (I/She/He/It) + wasn't + verb-ing

Subject (You/We/They) + weren't + verb-ing

3. Yes/No Questions


Was + Subject (I/She/He/It) + verb-ing?

Were + Subject (You/We/They) + verb-ing?

4. 5W1H Questions


What/Where/When/Why/Who/How + was + Subject (I/She/He/It) + verb-ing?

What/Where/When/Why/Who/How + were + Subject (You/We/They) + verb-ing?


penggunaan past continuous tense
Source: Longman English Grammar Self study Edition



Penggunaan past continuous


1. Untuk aktivitas yang belum selesai (in progress) ketika aktivitas lain terjadi di waktu lampau.


Contoh:

Ketika Rosma tiba pagi ini, temannya sedang menunggu diluar kelas.

Bahasa Inggrisnya: When Rosma arrived this morning, her friend was waiting outside the classroom.


2. Untuk menceritakan/mendeskripsikan sesuatu.


Contoh:

Hutan itu penuh dengan suara. Burung-burung memanggil dari pohon-pohon dan banyak serangga mengeluarkan bunyi dengung dan bersenandung.

Bahasa Inggrisnya: The forest was full of sounds. Birds were calling from the trees and many insects were buzzing and humming.


3. Untuk dua aktivitas (yang sedang berlangsung/berlanjut) yang terjadi di waktu yang sama.


Contoh:

Ketika saya sedang membaca, Nida sedang memainkan piano.

Bahasa Inggrisnya: While I was reading, Nida was playing the piano.


4. Aktivitas yang berulang diwaktu lampau.


Contoh:

Ketika saya bekerja di sini, saya sering membuat kesalahan.

Bahasa Inggrisnya: When I worked here, I was always making mistakes.


5. Polite inquiries 


Contoh:

I was wondering if you could give me a lift.

Ini adalah untuk permintaan yang sopan untuk meminta tumpangan.


Conjunction (kata sambung) yang digunakan oleh past continuous


- When

- While

- Just as

- At the moment


Contoh past continuous dalam kalimat beserta artinya


- We were watching TV when the phone rang.
Artinya : Kami sedang menonton TV ketika telepon berdering.

- Mertania was not listening, so she missed what I said.
Artinya: Mertania sedang tidak mendengar, jadi ia luput tentang apa yang saya katakan.

- This time two years ago I was living in Riyadh.
Artinya: Saat ini dua tahun yang lalu saya tinggal di Riyadh.

- What was Asmi doing at 9 o'clock last night?
Artinya: Apakah yang dilakukan Asmi jam 9 malam kemarin?

- I was walking home when I met Lestari.
Artinya: Saya sedang berjalan ke rumah ketika bertemu Lestari.

- I saw Utami in the park yesterday. She was sitting on the grass and reading a book.
Artinya: Saya melihat Utami di taman kemarin. Dia sedang duduk di atas rumput dan membaca rumput.

- While I was reading a book in my room, my father asked me to go.
Artinya: Ketika saya sedang membaca buku di kamar saya, bapak saya meminta saya untuk pergi.

=================

Teori dan penjelasan terkait:

Simple past tense

Present continuous tense