Contoh Penggunaan Will dan Would dalam Bahasa Inggris

Tabel of Content [View]

Pada dasarnya would adalah bentuk past (past tense) dari will, namun would adalah auxiliary verb yang mempunyai banyak kegunaan.


Penggunaan would dalam kalimat bahasa Inggris


1. Would digunakan untuk menanyakan pertanyaan

Contoh kalimat menggunakan would untuk menanyakan pertanyaan:

- Would you like some coffee?
Artinya: Apakah kamu mau kopi?


2. Pertanyaan dengan kata who, what, when, where, why, dan how.

Contoh kalimat:

- What would you do if I went outside?
Artinya: Apa yang akan kamu lakukan jika saya pergi keluar?


3. Would digunakan untuk permohonan/permintaan yang sopan (polite request)

Contoh kalimat:

- I would like you to listen to me now.
Artiya = Saya ingin anda mendengarkan saya sekarang.


4. Would digunakan untuk kebiasaan masa lalu (habitual past action) dan kejadian yang berulang dimasa lalu (repetitive past action)

Contoh kalimat:

- His little kid would cry whenever he would leave home.
Artinya = Anaknya menangis setiap kali dia meninggalkan rumah.


5. Would bersama kata rather digunakan untuk menyatakan pilihan (preference).

Contoh kalimat:

- I would rather go than stay.
Artinya = Saya memilih pergi daripada tinggal atau saya lebih suka pergi daripada tinggal.


6. Would digunakan untuk mengekspresikan keraguan.

Contoh kalimat:

- My answer would seem to be correct.
Artinya = Jawabanku mungkin benar.


Penggunaan will dan would dalam kalimat bahasa Inggris


Will dan would digunakan pada conditional tenses.




Yang membedakan antara will dan would adalah:



- will digunakan untuk "possible condition and its probable result"

- would digunakan untuk "condition and its probable result"


Contoh kalimat will yang digunakan untuk "possible condition and its probable result"


- If you don't hurry you will be late.
Artinya = Jika kamu tidak bersegera kamu akan telat.

- If it rains today I will not go outside.
Artinya = Jika hari ini hujan saya tidak akan pergi keluar.


Contoh kalimat would yang digunakan untuk "condition and its probable result"


- If I had enough money, I would buy that house.
Artinya = Jika saya punya cukup uang, saya akan beli rumah itu.