Kosakata Bahasa Inggris - Kata Kerja Sehari-hari

Tabel of Content [View]

Vocabulary = kosakata

Kata kerja = verb

Sehari-hari = daily

Rutin = routin


Pada pelajaran kosakata bahasa Inggris kali ini, saya akan menguraikan tentang daftar kosakata bahasa Inggris mengenai kata kerja (pekerjaan yang rutin) kita kerjakan sehari-hari.

Sebagai tambahan, saya akan menuliskan juga verb bentuk kedua (past tense) dan verb bentuk ketiga (present perfect) beserta contoh kalimat dalam bahasa Inggris dan artinya.

Berikut daftar/kumpulan kosakata kata kerja sehari-hari

Catatan: Saya tuliskan kata kerjanya secara acak (tidak berurutan dari pagi ke malam).

English Daily Routine Verbs


1. Breakfast = sarapan.

V2 (past tense) = breakfasted.
V3 (present perfect tense) = breakfasted.


contoh kata kerja sehari-hari rutin - breakfast - sarapan pagi



Contoh kalimat:

I breakfasted alone in my home.
Artinya = Saya sarapan sendirian di rumahku.


2. Wake / wake up = bangun.

V2 = woke
V3 = woken

Contoh kalimat: 

I woke up at dawn.
Artinya = Saya bangun saat fajar.


3. Go = pergi 

V2 = went
V3 = gone

Contoh kalimat:

I went home at 4.00 PM
Artinya=  Saya pulang pada jam empat sore.


4. Lunch = makan siang

V2 = lunched
V3 = lunched

Contoh kalimat:

I will lunch at the office.
Artinya = Saya akan makan siang di kantor.


5.  Shower = mandi

V2 = showered
V3 = showered

Contoh kalimat:

There was no time to shower this morning.
Artinya = Tidak ada waktu untuk mandi pagi ini.


6. Bed = tidur.

V2 = bedded
V3 = bedded

Contoh kalimat :

What time do you go to bed at night?
Artinya = Kapan (jam berapa) kamu tidur pada malam hari?


7. Brush = menyikat

V2 = brushed
V3 = brushed


kosakata verb / kata kerja sehari-hari - brush - menyikat



Contoh kalimat:

Have you brushed your teeth?
Artinya = Sudahkah kamu menyikat gigi?


8.  Get up = bangkit; bangun

V2 = got up
V3 = got (atau gotten) up

Contoh kalimat:

I got up about 5, brushed my teeth, and had a little breakfast.
Artinya = Saya bangun sekitar jam 5, menyikat gigi, dan sarapan pagi.


9. Do = melakukan; mengerjakan

V2 = did
V3 = done

Contoh kalimat:

I do my homework everyday.
Artinya = Saya mengerjakan PR setiap hari.


10. Watch = menonton; memperhatikan; melihat

V2 = watched
V3 = watched

Contoh kalimat:

Parents must know what their kids are watching on TV.
Artinya = Orang tua harus tahu apa yang anaknya tonton di TV.


11. Pray = shalat; berdoa

V2 = prayed
V3 = prayed

Contoh kalimat:

A man must go to the mosque to pray everyday.
Artinya = Seorang laki-laki seharusnya pergi ke masjid untuk shalat setiap harinya.


12. Study = belajar

V2 = studied
V3 = studied

Contoh kalimat:

I have been studying arabic for three years.
Artinya = Saya telah belajar bahasa Arab selama tiga tahun.


13. Play = bermain

V2 = played
V3 = played

Contoh kalimat =

My kids play in the yard every evening.
Artinya = Anak-anak saya bermain di halaman setiap sore.


14. Work = bekerja

V2 = worked
V3 = worked

Contoh kalimat:

I am able to work from home.
Artinya = Saya bisa bekerja dari rumah.


15. Clean = membersihkan

V2 = cleaned
V3 = cleaned

Contoh kalimat:

We must keep our home clean.
Artinya = Kita harus menjaga kebersihan rumah kita.