Rumus used to: contoh kalimat be used to dan artinya

Tabel of Content [View]
Pelajaran Grammar kali ini adalah tentang used to.  

Ada dua rumus used to yang dibahas pada ringkasan ini, yaitu:

1. used to + verb1
2. be + used to + verb-ing

Penjelasan mengenai used to

Used to digunakan untuk menyatakan ungkapan kebiasaan, baik kebiasaan masa lalu yang sekarang sudah berhenti, maupun kebiasaan yang masih berlangsung sampai sekarang.

Ada dua jenis used to, seperti yang sudah saya tulis di atas. Kita mulai dengan yang pertama.

rumus be used to verb ing dan contoh kalimat serta artinya


Used to + V1

Used to dan verb word (verb 1) dipakai untuk mengungkapkan kebiasaan dimasa lampau namun tidak berlanjut saat sekarang.

Contoh kalimat used to + verb word


- Saya dulu biasa mengunjungi Bandung sebelum pindah ke sini.
Bahasa Inggrisnya: I used to visit Bandung before I moved here.

Keterangan: Saya dulu sering mengunjungi Bandung, namun setelah pindah saya sudah tidak mengunjungi Bandung lagi. 

- Kami tidak terbiasa makan ayam ketika kami muda.
Bahasa Inggrisnya: We didn't used to eat chicken when we were young.

Keterangan: Ini adalah kalimat negatif. Maksud kalimatnya adalah kami dulu tidak terbiasa makan ayam ketika kami muda. Sekarang kami sudah tua, kami makan ayam. 

- Dulu dia presiden Indonesia.
Bahasa Inggrisnya: He used to be a president of Indonesia.

Keterangan: Dulu ia presiden Indonesia, namun sekarang tidak lagi.

- Dulu saya tinggal di Bali.
Bahasa Inggrisnya: I used to live in Bali.

Keterangan: Saya pernah tinggal di Bali, namun sekarang tidak lagi.


be + used to + verb-ing

be used to verb-ing digunakan untuk mengungkapkan hal yang biasa dilakukan (kebiasaan).

Contoh kalimat be used to + verb-ing

- Saya tinggal di Jakarta.
Bahasa Inggrisnya kalimat di atas: I'm used to living in Jakarta.

- Saya terbiasa makan sebelum bekerja.
Bahasa Inggrisnya: I was used to eating before working.

- Dia tidak terbiasa bangun pagi.
Bahasa Inggrisnya: He wasn't used to getting up early.

- Kami biasanya tidak berbicara selagi makan.
Bahasa Inggrisnya: We were used to not talking at meals.


Itulah penjelasan tentang rumus used to dan contoh kalimatnya.